Install OS Komputer ke Android mu!

Ada yang masih ingat dengan OS Windows XP? atau ME, atau 98, dan OS sebelum XP lainnya? Mengingat Hp jaman sekarang semakin tinggi spesifikasinya, beberapa Operating System untuk komputer dapat kita jalankan pada Android kita menggunakan BOCHS.

BOCHS merupakan aplikasi Virtual Machine untuk menopang Sistem Operasi sepenuhnya (Ada OS di dalam OS, pasti pada tau laaah). Tidak menutup kemungkinan juga selain OS Windows kita dapat menginstall Linux, Solaris, dll.

Spesifikasi minimal Hp kalian cukup memiliki RAM 1GB dan Processor Dual Core (Ini Spesifikasi paling rendah). Dan Hp kalian tidak perlu di root. Untuk contoh OS yang akan di install, Admin menggunakan XP Service Pack 3.

Sekarang Admin akan memberitahu cara install nya.

Download file di bawah ini:
-SDL
-QemuManager (Untuk PC)
-XP SP3 (Link download menyusul, untuk sementara kalian dapat mencarinya di google dengan bentuk file .iso)

Setelah download file di atas, ikuti step demi step berikut ini:

>Proses Instalasi OS ke Mesin Virtual (PC)
-Lalu Install QemuManager di PC kalian
-Setelah itu buka QemuManager
-Lalu klik tombol + berwarna merah dan akan muncul menu seperti ini



Isi setiap boxnya persis seperti apa yang ada pada gambar, tidak boleh ada yang berbeda (OS di sini menggunakan OS Windows XP)
-Next, dan di menu ke dua kalian akan mengisi berapa besar RAM yang digunakan untuk mesin virtual kalian dan juga menentukan besar kapasitas penyimpanan mesin virtual tersebut. (Besar RAM di sini hanya berlaku pada PC saja tidak berlaku pada Hp nantinya, karena setelan RAM untuk Hp ada pada SDL yang sudah didownload tadi)


Pastikan pengisian boxnya sama persis dengan gambar di atas, kecuali untuk settingan RAM sesuaikan Spesifikasi Komputer kalian. Jika RAM PC kalian sebesar 2gb maka atur sebesar 512mb (Saran saja). Untuk kapasitas penyimpanan di sini admin setel ke 1.5gb sudah cukup untuk install Windows XP. Sesuaikan pula kapasitas penyimpanan dengan memori Hp kalian karena nanti filenya akan dipindahkan ke Hp kalian
-Next lagi, di menu ini kalian hanya perlu klik finish
-Kalian telah selesai menyetel mesin virtual kalian sendiri, sekarang klik menu Drive



Lalu klik CD-ROM dan akan keluar menu seperti pada gambar. Di sini kalian akan memilih file installasi OS. Klik gambar titik dua ( .. ) dan cari file (.iso) yang telah kalian download. Jika sudah klik finish
-Silahkan klik tombol Kotak Hijau dengan Segitiga di dalamnya untuk memulai mesin virtual kalian.
-Jika setelan kalian benar, maka akan seperti ini


Di sini berarti setelan kalian benar dan dapat memulai penginstallan Windows XP (Admin tidak memberikan tutor penginstall OS tersebut karena udah pada bisa mungkin yaaa). Ketika Admin dalam proses menginstall, Admin menghitung waktu bisa sampai 30-60 menit jadi harap sabar dan tenang, ikuti apa yang ada pada proses instalasi OS tersebut. Di sini kalian dapat makan dan minum ataupun merokok dengan santai.

>Proses Menjalankan Mesin Virtual pada Hp (Hp sudah dalam posisi sinkron dengan PC)
-Pertama, Extract SDL.zip dan copykan ke memori Hp kalian tanpa folder apapun (Memori Internal biasanya, jika tidak terbaca nantinya copykan ke memori external)
-Setelah Instalasi selesai, buka file explorer dan masuk ke direktori C:\Program Files (x86)\QemuManager\images (Untuk PC 32bit buka C:\Program Files\QemuManager\images)
-Kalian akan menemukan file penyimpanan mesin virtual kalian di sini


-Copykan file .raw nya saja ke dalam folder SDL yang sudah ada di dalam Hp kalian, dan biarkan file yang satunya, 
-Setelah itu lepas Hp kalian dari PC dan Install aplikasi BOSCH yang ada pada folder SDL tadi
-Jika instalasi selesai, tinggal jalankan saja BOSCH nya dan lihat hasilnya



Catatan
>UPS! tidak bertanggung jawab jika berhasil atau gagal, DIY! Do it Yourself!
>Ditekankan lagi Spesifikasi minimum Hp kalian harus memiliki RAM 1GB dan Processor Dual Core, Hp yang Admin gunakan adalah Samsung GSIII International, terasa berat pada Hp ini
>Setelan kapasitas RAM pada QemuManager berbeda dengan setelan kapasitas RAM untuk BOCH S di Hp kalian, Jika kalian setel besar RAM pada QemuManager 1024mb (1GB) di Hp kalian tidak sama. Untuk di Hp sudah disetel sebesar 384mb dan dapat diubah pada file bernama bochsrc.txt, sebenarnya di dalam file ini tersimpan segala setelan virtual mesin BOCHS
>Jika kuran jelas, kalian dapat komentar pada halaman ini

Thanks semuanya semoga bermanfaat, kita juga dapat bernostalgia dengan OS yang jadul (Jaman Dulu). Dan ingat

Do With Your Own Risk!


0 Response to Install OS Komputer ke Android mu!

Post a Comment